Pantai Baru Lon Malang di Madura

Libur telah tiba.
Libur telah tiba.
Hore, Hore, Hore….

Petikan awal lagu “Libur Telah Tiba” yang dinyanyikan Tasya terasa pas untuk menyambut liburan sekolah.

Hari sabtu 16/12 ini sebagai penanda akhir dari semester ganjil. Hampir semua sekolah membagikan rapor siswa kepada orang tuanya masing-masing.

Liburan di akhir tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya bersamaan dengan akhir semester, mulai dari sekolah dasar sampai SLTA.

Destinasi Wisata Alternatif
Batu Malang hampir selalu dijadikan tujuan wisata utama masyarakat Jawa Timur. Maka tak terhindarkan lagi, setiap akhir tahun kemacetan selalu ditemui, mulai sebelum masuk kota malang sampai ke tempat wisata Kota Batu.

Karenanya diperlukan alternatif lain tujuan wisata. Sebagai alternatif tujuan wisata di wilayah Jawa Timur, tidak ada salahnya menikmati destinasi wisata ke Madura. Di Madura, khususnya sisi utara sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata pantai.

Wisata pantai di Madura yang sudah terkenal sebelumnya adalah pantai Slopeng dan pantai Lombang. Kedua pantai ini berada di Kabupaten Sumenep. Posisi pantai Lombang terlihat di peta pulau Madura terletak paling ujung timur pulau.

Jarak Perumahan CTS, Cluster Taman Sejahtera, Kejawan Putih Tambak,/ Timur ITS, ke tujuan 104 KM

Nah alternatif “pantai baru” di pulau garam ini berada di Kabupaten Sampang. Lebih tepatnya, pantai ini berada di desa Bira Tengah, kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang.

Kalau Anda yang sudah pernah ke air terjun Toroan yang juga terletak di Kabupaten Sampang, pantai ini terletak tidak jauh dari air terjun tersebut. Jarak antara air terjun Toroan dan pantai baru ini hanya 9 KM.

Air Terjun Toroan, Desa Ketapang ke Pantai Lon Malang hanya 9 KM

Bagi yang belum berkunjung air terjun Toroan, sekalian mampir ke destinasi yang tidak kalah menarik ini.

Air Terjun Toroan dikala senja https://www.google.co.id/maps/place/Air+Terjun+Toroan
Air Terjun Toroan, http://fatih.firman-its.com/?p=58
Air terjun Toroan 2, http://fatih.firman-its.com/?p=41

Menariknya, penduduk setempat menamakan pantai ini “Lon Malang”. Hayo siapa yang tahu artinya? Apalagi ada nama kota Malang tempat destinasi favorit masyarakat Jawa Timur.

Biar penasaran, wisatawan yang berkunjung ke “Lon Malang” ini bisa bertanya langsung ke warga setempat. 🙂

Oh ya. Jika Anda menuju ke Pamekasan atau Sumenep dari arah Surabaya atau arah sebaliknya, ada baiknya melalui jalur utara ini. Selain menghindari kemacetan di daerah Blega, bisa juga menikmati wisata yang baru ini.

Kemacetan di Blega dikarenakan pasar tumpah dan perbaikan jembatan dekat kantor polsek Blega. Petugas jaga harus buka tutup jalan untuk mengurangi kemacetan.

So, daripada macet dan akhirnya boring, melewati jalan sisi utara sekalian mampir ke beberapa destinasi wisata yang asyik. 🙂

Selamat berwisata bersama keluarga tercinta.

Bisa menikmati ATV juga 🙂
Pasir putih sepanjang pantai diambil dari sisi rumah makan
Lon Malang Kitchen. Resto mini untuk mengganjal perut
Sedikit karang batu di pantai. Sayang saat itu baru selesai hujan sehingga air laut tidak bersih
Ayunan Cinta. Maaf hanya dipraktekkan bagi yang sudah halal
Memandang masa depan yang cerah dengan penuh keyakinan
Ayunan Cinta bersama belahan hati 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *