Accountability VS Responsibility

arBanyak yang bertanya apa perbedaan keduanya. Keduanya berarti sama, tanggung jawab. Akan tetapi dalam praktik managemen keduanya berbeda.

Adalah Pak Hadi namanya, pemilik sekaligus pengemudi travel langganan saya. Saya selalu minta diantar dan dijemput oleh Pak Hadi setiap tugas ke luar kota. Cukup sederhana, hanya lewat WA dan semua beres. Uniknya yang menjemput atau mengantar tidak selalu Pak Hadi sendiri. Terkadang kalau Pak Hadi tidak bisa, beliau ‘meminta bantuan’ rekannya.

Begini proses kerjanya. Ketika saya memberi order penjemputan ke Pak Hadi via WA, beliau tidak pernah menolak. Pak Hadi kemudian melihat jadwal beliau apakah ada slot kosong untuk saya. Jika tidak bisa dia akan mencarikan sopir pengganti untuk saya. Sopir ini bukan anak buahnya tapi sesama pelaku bisnis travel. Ketika sudah dapat Pak Hadi info ke saya nama sopir, no telp, dan jam penjemputan.
Tiba di Hari H, pak Hadi menelpon si sopir pengganti untuk memastikan apakah saya sudah dijemput. Pak Hadi juga menghubungi saya apakah sudah bertemu / dijemput oleh si Sopir. Oh iya.. Pak Hadi juga menginformasikan ke si sopir pengganti tentang saya, profesi saya, serta warung tempat saya biasa makan kalau lapar.
Ditengah perjalanan Pak Hadi juga memonitor melalui si sopir apakah perjalanan lancar, apakah sudah sampai, dan lain sebagainya sampai saya selamat sampai tujuan. Menariknya, apakah Pak Hadi dapat fee dari si sopir pengganti? Setelah saya cek ternyata tidak.
Luar biasa bukan…

Ketika pak Hadi menerima order dari saya dan menyatakan OK, maka dia punya accountability untuk memastikan saya terjemput dan terlayani dengan baik. Saat dia tidak bisa menjemput saya, dia memberikan responsibility kepada sopir pengganti untuk menjemput dan melayani saya. Pada saat tersebut, accountability bukan berpindah ke si sopir, tapi tetap berada di Pak Hadi.
Tindakan pak Hadi yang tidak hanya mencari sopir pengganti tetapi juga memonitor dan memastikan semua berjalan lancar dinamakan ownership.

Indahnya jika bekerja dengan orang dan tim seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *