4 Cara Big Data Akan Merubah Setiap Bisnis

Surabaya (Wowrack) – Benarkah Big Data tidak relevan dengan bisnis yang Anda jalankan? Anggapan ini masih saja keluar dari pikiran para pelaku bisnis. Sebenarnya, jika pelaku bisnis memahami betapa pentingnya Big Data untuk usaha mereka, maka pelaku usaha akan berbondong-bondong mencari tahu apa itu sebenarnya Big Data dan Kegunaannya.

Tidak peduli apapun bidang yang Anda tekuni dalam menjalankan bisnis, kegunaan Big Data akan tetap menjadi salah satu acuan penting untuk mengembangkan bisnis Anda di masa yang akan datang. Dengan Big Data ini pula Amda dapat mengumpulkan data, analisis dan interpretasi untuk bisnis Anda menjadi lebih mudah di akes. Big Data pula akan memberikan dampak yang cukup penting untuk bisnis jika dilakukan dengan benar.

Lalu, bagaimana cara Big Data merubah bisnis Anda?

1. Data menjadi aset untuk setia bisnis
Setiap bisnis tidak lepas dari data hal itu sudah kita ketahui bersama-sama. Contoh kecilnya adalah, ketika Anda membuat sebuah website, pengunjung A membeli produk A melalui website Anda, dan kemudian datang pelanggan B, C dan seterusnya. Ketika semua pelanggan itu pergi, para pelanggan meninggalkan informasi transaksi. Dari informasi transaksi yang ada pada database website, pengusaha dapat melihat dengan detail produk mana yang laku keras, dan produk mana yang sepi peminat.

Dengan pengetahuan inilah, perusahaan bisa mengembangkan bisnis melalui aset data yang sudah dimiliki. Jika seseorang bertanya, bagaimana Anda mengembangkan bisnis, Anda sudah bisa menjawab Anda memiliki data, aset data yang Anda miliki akan menjadi penentu arah bisnis Anda.

2. Big Data memungkinkan perusahaan mengetahui pasar dengan lebih baik
Banyak perusahaan yang melakukan atau menjalankan bisnis tapi belum mengetahui bahwa masih begitu banyak hal yang bisa dikembangkan dari perusahaan. Alasan utamanya, mereka tidak mengerti kebutuhan pelanggan dan minat pelanggan yang semakin meningkat.

Dengan Big Data inilah perusahaan akan bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik dan menentukan pasar yang lebih akurat. Dengan demikian, perusahaan akan berkembang lebih baik dari sebelumnya karena sudah memilki data-data yang lengkap dan sesuai dengan tujuan pengembangkan

3. Efisiensi internal dan operasional perusahaan
Semua data yang terkumpul akan membuat perusahaan lebih mudah dalam menganalisa apa-apa yang sudha di capai oleh perusahaan. Selain itu, Big Data yang digunakan untuk internal perusahaan juga bisa membantu pimpinan mengawasi kinerja staff dan karyawan yang ada dalam perusahaan. Dengan demikian, itu menandakan bahwa, Big Data bukan hanya untuk kelangsungan penjualan / marketing perusahaan, namun Big data juga bisa untuk mencari dan menganalisa sumber daya manusia internal perusahaan.

4. Meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun data yang besar dalam penawaran produk.
Seluruh perusahaan pasti membutuhkan data, baik data yang dikumpulkan secara manual ataupun data yang tersimpan secara digital. Kegunaan data-data inilah yang akan membawa perusahaan melebarkan sayap dalam memasarkan produk serta memberikan keuntungan pula untuk aset nyata perusahaan yaitu pealnggan. (Ulum/wwrk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *