Apa itu Structured Data dan Unstructured Data?

Surabaya (Wowrack) – Sering kali kita mendengar kata data terstruktur (structured) dan juga Data Tidak Terstruktur (Unstructured).  Namun, bagi sebagian orang ada yang belum mengerti apa arti sebenarnya dari kedua data tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Wowrack ingin memberikan sedikit informasi tentang Data terstruktur dan juga data tidak terstruktur untuk WowFriends yang masih awam tentang kedua data ini.
Data terstruktur adalah data yang berada dalam satu tempat baik berbetuk sebuah file termasuk data yang berada dalam database ataupun spreadsheet. Data terstruktur adalah yang membuat model data. Contohnya adalah data CRM, Industry Research Data dan lain sebagainya.

Data terstruktur biasanya dijalankan untuk mengakses database yang disebut dengan Structured Query Languange atau yang lebih dikenal dengan SQL.

Berikut adalah ilustrasi tentang SQL. Anda ingin melihat daftar buku yang memiliki harga diatas 1000 dan di urutkan sesuai dengan judul, Anda bisa menggunakan

SELECT * FROM buku WHERE harga > 1000 ORDER BY judul;

Dari situ Anda akan mendapatkan data dari database sesuai permintaan Anda yaitu memunculkan buku yang memiliki harga diatas dan otomatis diurutkan sesuai judul.

Sedangkan Data tidak terstruktur adalah data yang tidak mudah diklasifikasi dan dimasukan kedalam sebuah kotak dengan rapi. Contohnya adalah foto, gambar grafis, streaming instrument data, webpages, pdf, PowerPointpresentations, konten blog dan lain sebagainya.

Nah, Wowfriends sudah bias membedakan mana data terstruktur dan mana data tidak terstruktur. Semoga informasi ringan ini bisa bermanfaat untuk WowFriends yang baru belajar tentang data. (Ulum/wwrk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *