Driving Innovation With Big Data

Surabaya (Wowrack) – Sejarah Inovasi muncul dengan cara-cara yang berbeda, ada inovasi yang berhasil karena sebuah insiden kebetulan/Tidak disengaja. Ada juga inovasi yang berhasil karena memang dibuat kaena melalui rancangan yang dibuat sebelumnya.

Hal ini juga berlaku delam dunia digital, dimana perkembangan teknologi juga bergantung pada banyaknya visi lateral dan perspektif yang lebih luas pada potensi penggunaan teknologi dan informasi yang ada. Dimana Inovasi juga terkadang muncul dari hal kecil yang diciptkana secara sengaja maupun secara kebetulan.

Dalam dunia Big Data dimana peningkatan volume dari informasi yang berasal dari berbagai sumber yang lebih luas menciptkan dan meningkatkan tingkat kecepatan dalam mengolah data. Tantangan dalam pengolahan data itu juga menjadi tujuan khusus dalam inovasi teknologi informatika. Bagaimana kita bisa mengolah data dengan cepat dari berbagai tempat bersamaan tanpa membocorkan data-data yang kita miliki.

Ada beberapa kasus penjualan sebuah produk menurun akibat adanya informasi bahwa produk itu tidak bisa menjamin privasi penggunannya. Untuk itu, Big Data ini mencoba untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Lalu, bagaimana cara agar bisa tetap menjaga data tersebut?

Memanfaatkan nilai data
Terkadang, sebuah perusahaan membutuhkan pihak ketiga untuk dapat mengoptimalkan data yang sudah terkumpul. Namun, bukan berarti dengan data tersebut harus dibocorkan dengan mudah. Untuk itu, kenali nilai data yang pantas dan tidak pantas untuk dijaga kerahasaiannya. Sehingga, semakin jeli dalam memilih nilai data tersebut maka risiko yang diambil akan berkurang.

Tapi, perusahaan juga tetap harus memilih pihak ketiga yang dapat menyimpan data dengan kepercayaan tinggi agar, data pelanggan Anda tidak tersebar ke tempat lain.

Memanage Data Pribadi
Bagaimana Anda bisa mengatur data yang dimiliki tidak sampai bercampur aduk dengan data perusahaan. Hal ini sebenarnya sudah sering terjadi ketika teknologi belum se Modern saat ini. Contoh saja dokumen pribadi terkadang bercampur dengan data perusahaan di lemari atau di tempat-tempat lain.

Untuk itu, memanage data pribadi ini menjadi hal yang memang harus diperhatikan. Meskipun sudah dalam dunia digital, kesalahan seperti contoh diatas masih bisa terjadi. Mengingat manusia yang sebagai operator dari pengolahan data tersebut. (Ulum/wwrk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *