2015 is Rapidly Approaching, What’s Your Resolution?

Surabaya (Wowrack) – Tahun 2014 sudah di penghujung, dan tinggal beberapa hari lagi akan memasuki tahun 2015, sudahkah anda membuat resolusi untuk tahun 2015? Atau sudahkah anda berfikir untuk plan 1 tahun kedepan?

Tren akan menjadi sebuah panduan untuk memudahkan kita dalam mengambil langkah atau keputusan dalam membuat sebuah resolusi. Salah satunya yaitu dalam membuat resolusi untuk bisnis atau kerja.

Tahun 2015 adalah tahun global, dimana banyak bisnis yang telah go global, terutama untuk negara Asia-Pasifik, seperti yang di tulis dalam emarketer.com, di perkirakan bisnis e-Commerce akan mengalami perkembangan pesat hingga 4 tahun kedepan.

Tahun 2015 akan menjadi start yang sangat baik untuk bisnis ecommerce, seperti yang dikatakan oleh Jorgen Bodmar, CEO Scandinavian Design Center. Ada tiga hal yang menjadi kunci utama trend di tahun 2015 nanti, salah satunya yaitu:

1. M-Commerce
2015 akan menjadi tahun dimana sebagian besar pemilik bisnis online akan menawarkan pelanggannya situs mobile. Alasannya adalah bahwa semakin banyak konsumen yang “go-mobile” yaitu kemudahan untuk berbelanja dimana saja, hal ini merupakan penawaran belanja secara instan kepada banyak orang.

CNN menyebutkan, pada tahun 2015 mendatang, pertumbuhan transaksi online di Indonesia bisa sampai sekitar 17% dibandingkan tahun ini. Dengan prakiraan pertumbuhan yang tinggi ini. Maka, penjualan melalui m-Commerce selain menguntungkan juga sangat memudahkan para penjual. Dan sebagai bukti bahwa Indonesia sudah semakin  percaya dengan online shop. Dibandingkan tahun 2012 lalu, kepercayaan masyarakat Indonesia akan online shop kini memang semakin tinggi. Masyarakat pun juga semakin cerdas memilih penjual. Selain itu, semakin kompaknya komunitas di media social terkait online shop ini, ketakutan itu akan terus menghilang. Dan kepercayaan kepada penjual akan semakin tinggi.

2. Big Data
Pada tahun 2015 pemilik bisnis online akan mengintensifkan upaya mereka untuk menganalisis perilaku pelanggan mereka untuk memahami niat mereka. dengan tujuan untuk memberikan penawaran yang relevan, dan tepat sasaran sehingga menjadi pelanggan yang berkualitas.

Apa saja kelebihan Big data? Wowrack sudah pernah membahas tentang Big Data dan segala keuntungannya dalam segi bisnis.

3.Banyak consumer yang ”go-global”

Tahun depan, banyak konsumen lokal di seluruh dunia akan menemukan banyak sekali situs baru dengan cara yang sangat mudah, dikarenakan meledaknya bisnis yang telah global. Tren bisnis ecommerce juga berdampak pada consumer, sehingga banyak pula yang melirik pada bisnis global. Ini akan menjadi tantangan yang serius bagi pedagang lokal, namun juga akan menjadikan peluang yang baru bagi mereka untuk menjual barang mereka ke luar negeri.

Terlebih lagi adanya pasar bebas ASEAN yang akan dibuka. Jika Anda tidak berbenah mulai sekarang, kemungkinan gagl bersaing itu ada. Namun, bukan berarti akan merugikan Anda secara terus menerus. Buatlah Inovasi dalam bisnis Anda, berikan kemudahan dalam melakukan transaksi. Dengan demikian Anda bisa memberikan hal baru untuk bisnis Anda, dan menarik perhatian customer-customer Anda.

Dalam bisnis, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pelanggan lama, namun Anda harus mengkonversi orang yang pertama melakukan transaksi dengan Anda menjadi orang yang bisa bertransaksi di lain hari.

Dari tren yang ada disebutkan di atas, sudahkan wowfriend mendapat gambaran, resolusi seperti apakah yang akan ditulis untuk tahun depan?? (har/ul/wwrk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *