Big Data Ditengah Krisis Sumber Daya Alam

Surabaya (Wowrack) – Apakah pernah kita berfikir “bagaimana kalau dunia ini kehabisan kertas?” “Andai system computer dan internet tidak ada sampai sekarang?” apa yang akan Anda lakukan dengan data-data milik Anda atau perusahaan Anda saat ini? Mungkin Anda akan mengalami banyak masalah. Terutama untuk menyimpan data Anda.

Sebaik-baiknya Anda menyimpan sebuah dokumen, pasti bakal dibutuhkan dan mungkin akan sulit ditemukan karena tempat dokumen yang berpindah-pindah. Atau, saat salah satu dari karyawan Anda lupa menaruh dokumen tersebut. Maka apa yang terjadi? Hm.. pasti kerepotan banget kan?

Nah, tingkat populasi manusia yang semakin besar, dan semakin sempitnya hutan membuat sumber daya alam juga semakin kecil. Apalagi jika sebuah dokumen yang harus menggunakan kertas sebagai bahan utama. Bagaimana nasib dokumen baru yang akan Anda simpan?

Sebuah data, itu terdapat beberapa jenis, Data penting, data tidak penting dan data sementara. Jika kita menyimpan semua data pada sebuah dokumen berupa kertas berapa banyak rak yang akan kita habiskan? Berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk membeli kertas dan tinta?

Sedangkan dalam segi kegunaan dari semua dokumen itu banyak pula yang hanya bersifat sementara. Saat data sudah tidak terpakai, jika harus dibuang, berapa nilai uang yang juga ikut terbuang bersama data tersebut? Namun, dunia sudah berubah, solusi akan kebutuhan data bisa meminimalisir pengeluaran dengan adaya Big Data (Mengenai big data, Anda bisa baca pengertiannya disini)

Menurut data yang ada, tahun ini jumlah data dari seluruh dunia meningkat 40-60%. Nah, dari situ kita bisa menilai, seberapa banyak kertas yang dibutuhkan untuk menyimpan data itu dalam rak? Seberapa banyak yang harus di cetak?

Big Data, menjadi salah satu hal penting, karena semua bisa dilakukan hanya dalam satu disk atau dalam beberapa disk, dengan metode pencarian yang lebih mudah. Anda tidak harus mencetak data yang ingin Anda gunakan, cukup membuka sebuah berkas yang ada pada cloud atau pada computer Anda.

Dan, untuk mengirim data kepada orang lain, Anda juga tidak perlu menyewa kurir atau jasa pengiriman. Anda bisa berbagi dengan partner Anda hanya dalam hitungan detik. Sangat simple bukan?

Oleh karena itu, kehadiran Big Data dalam sebuah system komputasi membuat perusahaan atau Anda pribadi lebih hemat dalam banyak aspek. Dan, Anda juga bisa menyimpan semua data yang Anda miliki dengan aman. Baik dari data agak penting, penting dan sangat penting.

Anda juga dapat menyimpan data sementara dengan sangat mudah. Mungkin, bila saat ini data sementara Anda hanya bersifat sementara, namun bisa saja data sementara itu menjadi data utama suatu saat nanti. Tidak ada salahnya jika Anda juga menyimpan data itu dalam Big Data yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *