Apa itu Apache Hadoop dan Apa Saja Jenis Hadoop?

Surabaya (Wowrack)  – Beberapa waktu lalu Wowrack sempat membahas tentang Apache Hadoop. Dan mungkin bagi Anda tidak semua mengerti Apa itu Hadoop. Kali ini Wowrack akan menjelaskan sedikit tentang Apa itu Hadoop. Menurut beberapa history tentang Hadoop, nama Hadoop di ambil dari sebuah panggilan seorang anak kecil dari sebuah mainan.

Yup, Doug Cutting sang creator Hadoop mendengar anaknya menyebutkan “Hadoop” ketika bermain dengan sebuah mainan kuning yang berbetuk Gajah. Ya, kita tahu kalau Gajah adalah hewan yang besar. Dan, masih cocok untuk dijadikan icon dengan inovasi dari Doug untuk komputasi Big Data. Lalu, apakah sebenarnya Hadoop dalam dunia komputasi?

MI-BX925_GOOGLE_DV_20130818173254
img: wsj – hadoop toys

Apache Hadoop sebenarnya adalah sebuah framework yang dibangun dengan bahasa program Java. Hadoop diciptakan untuk komputasi dan pemprosesan Big Data secara terdistribusi. Hadoop sendiri terdiri dari tiga jenis, dan jenis-jenis dari Hadoop adalah Hadoop Common, Hadoop Map reduce dan Hadoop Distributed File System (HDFS).

HDFS dan MapReduce tercipta berkat inspirasi dari Paper yang diterbikan oleh raksasa internet yaitu Google mengenai File System dan Map Reduce.

Apakah banyak yang menggunakan Hadoop? Pasti, banyak proyek yang saat ini menggunakan Apache Hadoop untuk melakukan komputasi Big Data. Dilihat dari sifat sebuah data, Hadoop juga cocok untuk data satu kali tulis namun sering dibaca seperti melakukan data mining pada web log.

Nah, sudah mengerti apa itu Apache Hadoop? Semoga informasi ini bermanfaat.

Pengen ngembangin sebuah bisnis bersama kami dengan Server always On? Pilih server yang cocok menurut Anda VPS Murah atau Dedicated Murah, dan hubungi kami di sales@wowrack.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *