Jujur Massal Mengalahkan Contek Massal

Masih ingat SDN Gadel 2? Ya, SDN yang pekan lalu menjadi pembicaraan publik karena  “Contek massalnya”. Isu ini bukan lagi pembicaraan level lokal Surabaya, atau propinsi Jawa Timur, tapi sudah menasional.

Hari ini media cetak di Surbaya memberitakan 10 SD tertinggi rata-rata nilai UASBNnya, ternyata tidak menempatkan SDN Gadel 2 berada dalam deretan terbaik tersebut. Tiga tertingginya adalah SDN Pacar Keling 5, SDN Tambaksari 2 dan SDIT Al-Uswah.

Yang menarik dari 3 besar ini ada SD swasta yang  secara berturut sejak meluluskan siswanya 4 tahun yang lalu tetep menempati peringkat pertama untuk kategori SD swasta se-Surabaya. Sedangkan untuk kategori SD Se-Surabaya, setiap tahun SDIT Al-Uswah terus bergerak ke peringkat tertinggi. Tahun lalu peringkat 7 dan tahun 2011 ini peringkat ke-3.

Jujur itu Indah

Kalau kita perhatikan, anak didik siswa SDIT Al-Uswah khususnya yang kelas 6 jauh dari kesan takut gagal UNAS atau  stres. Mereka sudah dibiasakan sejak kelas satu, bagaimana proses belajar yang benar. Belajar bukan hanya sekedar transfer materi dari guru ke siswanya, tapi bagaimana nilai pendidikan juga berperan aktif bahkan dominan dalam keseharian.Tidak ada kata bohong atau tidak jujur dalam proses pendidikan tersebut.

Selain faktor guru dan anak didik, di SD IT Al-Uswah, peran komite sekolah sangat menonjol. Hubungan antara guru dan wali murid sangat erat sekali. ”Ini bagian dari kontrak belajar wali murid dengan pihak sekolah”, kata bu Luluk sebagai ketua komite sekolah.
”Jangan sampai anak didik kami mendapatkan pelajaran jujur misalnya ketika di sekolah, sementara di rumah anak-anaknya diajak berbohong”, tambahnya.

Apa dan Bagaimana Al-Uswah mendidik Siswanya
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah adalah salah satu lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Ukhuwah Islamiyah Surabaya. SDIT Al Uswah adalah sekolah berkualitas tapi terjangkau, dengan pola full-day school, memiliki visi membentuk generasi robbani yang intelek dan kreatif, serta telah terakreditasi A.
Sekolah ini memadukan kurikulum Diknas dengan kurikulum khas yang sarat dengan nilai-nilai keislaman. Metode belajarnya mengusung konsep mastery learning (belajar tuntas), joyful learning (belajar menyenangkan), learning by doing (belajar sambil melakukan), dan creative learning (belajar dengan kreatif).

Bagaimana dengan Jaminan Kualitas
Jaminan kualitas untuk para siswanya adalah: sholat dengan kesadaran, berbakti pada orang tua, disiplin dan percaya diri, senang membaca, mampu membaca efektif, berperilaku sosial baik, nilai tuntas untuk 5 bidang studi, memiliki budaya bersih, tartil membaca Al Qur’an, hafal 2 juz Al Qur’an, mampu berkomunikasi dengan baik, menguasai komputer, bela diri, dan renang.

Selamat untuk SDIT Al-Uswah Surabaya. Sejarah akan mencatat bahwa kejujuran pasti akan mengalahkan kebohongan dan yang pasti ”kejujuran akan menang”.

tulisan sebelumnya:
http://edukasi.kompasiana.com/2011/05/10/dengan-kejujuran-membawa-sdit-al-uswah-jadi-terbaik-se-surabaya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *