Seminar PKTI Tumbuhkan Budaya Ilmiah Mahasiswa

EEPIS-Online, Kamis, 28/02 BEM PENS-ITS menggelar seminar PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) bertajuk Menumbuhkan Budaya Keilmiahan Mahasiswa PENS-ITS di gedung Theatre PENS-ITS. Acara yang dimulai pukul 08.30 ini menghadirkan Putu Gde Ariastita, ST. MT. dosen Perencanaan Wilayah Kota ITS sebagai pembicara. Dalam presentasinya, dosen yang telah lama berkecimpung dalam penulisan karya ilmiah ini memaparkan tentang motivasi dalam penulisan karya ilmiah serta strategi penulisan ilmiah dan presentasi.

Firman Arifin, S.T, M.T dosen Elektronika PENS-ITS yang juga merupakan pengajar business planning hadir pula sebagai pembicara yang memberikan banyak ilmu dan inspirasi baru bagi peserta. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, karena berpikir ilmiah juga merupakan bagian dari pendewasaan dalam berpikir,” ungkap pembimbing TED ini.

PKTI_PENS_2010_3.jpgSesuai dengan tajuknya, kegiatan yang dihadiri oleh mahasiswa PENS-ITS dari seluruh jurusan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan budaya menulis ilmiah di lingkungan mahasiswa. Walaupun dengan persiapan yang minim, kegiatan berjalan lancar. “Persiapan hanya satu minggu, alhamdulillah lancar,” ujar Ike Yuliastuti, ketua panitia penyelenggara. Mahasiswa Telekomunikasi ini juga berharap kegiatan semacam ini tidak dipersiapkan untuk lomba saja namun dilaksanakan secara berkesinambungan.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukaan berkenaan dengan PKM-GT dan PKM-AI yang telah dijelaskan. “Kegiatan ini menarik, menambah ilmu pengetahuan tentang karya ilmiah, membuat saya termotivasi untuk mengikuti PKM-GT”, ungkap Rika Budiarti salah satu peserta seminar ini.

Dwi Kurnia Basuki, S.Si, M.Kom yang hadir mewakili Asdir III PENS-ITS berharap setelah seminar ini digelar akan ada lebih banyak judul PKM dari PENS yang dapat diajukan. “Melihat efek yang positif dari kegiatan ini yaitu budaya menulis di lingkungan mahasiswa, diharapkan akan ada lebih banyak judul PKM yang dapat diajukan daripada tahun kemarin”, jelasnya.(dwe)

 

sumber: http://www.pens.ac.id/post/seminar-pkti-tumbuhkan-budaya-ilmiah-mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *