Konsultasi Online Tugas Akhir PENS-ITS Bergaya Facebook

Konsultasi_TA_gaya_FB285Surabaya – Hari gini tidak tahu Facebook? Itulah jawaban generasi sekarang kalau ditanya tahu tidaknya tentang Facebook. Situs jejaring sosial ini sepertinya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam keseharian kita. Di mana ada warnet, di situ pasti ada yang mengakses Facebook. Di mana ada remaja mengotak-atik ponselnya, di situ pula ada logo ‘F’ berwarna putih dengan background warna biru.

Melihat kegandrungan masyarakat terhadap Facebook, ditangkap oleh Firman Arifin, ST.MT. untuk ‘meniru’ ide jejaring sosial ini di kampusnya. Hanya pada saat itu belum fokus kira-kira untuk apa aplikasi itu.

Namun sejak diamanahi sebagai koordinator Tugas Akhir (TA) di jurusan teknik elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS-ITS),  Firman mulai merealisasikan idenya dengan membuat aplikasi ‘Konsultasi Online Tugas Akhir’.

“Saya melihat ada sesuatu yang menarik dari model Facebook ini. Selain tampilannya sederhana, tapi mempunyai magnet tersendiri bagi penggunannya. Karenanya, saya membuat konsultasi online tugas akhir ini, agar mahasiswa yang sedang tugas akhir dan dosen sebagai pembimbingnya bisa lengket seperti magnet dengan aplikasi ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (11/1/2010).

Lebih lanjut, pria yang senang coding ini menjelaskan bahwa, ‘Konsultasi Online Tugas Akhir’ ini bukan hanya untuk mahasiswa dan dosen pembimbingnya saja. Namun juga bisa untuk memonitor progress atau perkembangan tugas akhir.

“Sehingga tepatlah aplikasi ini diberi nama e-prota online. E adalah singkatan dari jurusan elektronika, sedangkan prota adalah progress tugas akhir. Atau bisa juga diartikan, Progress Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Elektronika PENS ITS secara online,” jelas Firman.

Ir. Rika Rokhana, MT., Ketua Jurusan Teknik Elektronika PENS-ITS menyambut baik ide dan realisasi program ini. “Semoga dengan sistem online ini, proses pembimbingan menjadi lebih baik dan lebih termonitor. Dan akhirnya output proyek akhir jadi lebih baik,” tukas wanita berjilbab ini.

“Kalau tahun sebelumnya jurusan tidak tahu masing-masing mahasiswa terkait progress tugas akhirnya, dan baru ketahuan pada saat pendaftaran untuk maju sidang,” lanjutnya.

Di aplikasi ini, bukan hanya manajemen yang diklaim dapat terbantu dalam monitoring tugas akhir, terlihat mahasiswa menyambut dengan antusias.

Salah satu komentar yang ada di ‘dinding umum’ ditulis oleh Gagas Setya Wahyuaji, “Waaaahhh.. . (tolah-toleh liat kanan kiri terkagum-kagum).. . Kalo gini g usah ke kampus deh..:-p“. Begitu juga komentar dari Yus Rizal Permana, “Alhamdulillah… mempermudah mahasiswa ni pak. Tidak ada alasan lagi mencari dosen pembimbing. 🙂 matur nuwun“.
( ash / faw )

http://www.detikinet.com/read/2010/01/11/163858/1276032/404/konsultasi-online-tugas-akhir-pens-its-bergaya-facebook

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=6345

http://www.beritajatim.com/citizenjurnalism.php?newsid=372

7 thoughts on “Konsultasi Online Tugas Akhir PENS-ITS Bergaya Facebook”

  1. Wih klo bisa begitu enak banget…. tanpa harus tatap muka bisa konsultasi, tapi menurut saya juga ada kelemahannya, karena bagi saya bisa tatap muka dg Dosen secara langsung adalah point tersendiri.

    Tapi aplikasi ini sangat bagus kerena ada kalanya Dosen dan Mahasiswa tidak bisa tatap muka secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *