Tingkatkan Minat Baca, Warga Rungkut Launching Taman Baca

Pengirim: Firman Arifin – DetikSurabaya

Surabaya – Perumahan Wisma Indah II Gunung Anyar, Rungkut tidak seperti biasanya. Puluhan anak-anak mulai dari TK dan SD berkumpul di salah satu rumah warga. Mereka duduk manis sambil memainkan pensil berwarnanya untuk mewarnai gambar yang diberikan oleh panitia.

Lomba mewarnai ini merupakan rangkaian acara launching rumah baca “Mentari”. Rumah baca ini merupakan program dari PKK RW VII Gunung Anyar Tambak Surabaya.

“Program ini bukan program main-main. Tapi berangkat dari keprihatinan, ketika anak-anak kita sekarang lebih mencintai tayangan televisi daripada membaca buku,” kata Anandyah selaku ketua PKK RW VII, Minggu (10/2/2008).

Alumni Psikologi Unair ini menambahkan, anak-anak diharapkan belajar dan melihat dari lingkungan di sekitarnya. Untuk itu dengan adanya rumah baca ‘Mentari’ ini sebagai stimulasi bagi anak-anak untuk gemar membaca.

Pemotongan pita pun dilakukan oleh Ny Suprihatin yang mewakili Ibu Camat Gunung Anyar, anak-anak pun langsung menyerbu rumah baca tersebut sembari berebutan memilih buku yang disenangi.

Launching ini bertambah semarak karena didukung langsung oleh perpustakaan daerah Surabaya. Sebagai bentuk dukungannya, satu mobil perpustakaan keliling datang langsung ke acara ini. Selain mobil perpustakaan keliling yang memiliki 2000 judul buku, perpustakaan daerah juga memberikan bantuan ratusan buku ke rumah baca mentari.

“Ini program yang sangat bagus sekali, bahkan program rumah baca ini yang pertama di level kecamatan,” kata wakil Ibu Camat Gunung Anyar, Suprihatin. (firmanits@gmail.com) (fat/fat)

http://surabaya.detik.com/read/2008/02/10/151320/891463/468/tingkatkan-minat-baca-warga-rungkut-launching-taman-baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *