Entrepreneurship, wow keren…

Semakin memenggemanya entrepreneurship di tanah air menggugah setiap insan untuk melibatkan diri menjadi pelaku dunia usaha. Alasannya jelas, dunia usaha menjanjikan setiap pelakunya mendapatkan kebahagiaan hidup, kesejahteraan, ketentraman dan kebebasan financial apabila usaha yang dijalankannya berkembang pesat.

Fenomena ini menimbulkan implikasi semakin ketatnya kompetisi / persaingan usaha diantara pelaku-pelakunya. Setiap pelaku usaha akan berlomba lomba untuk menghadirkan produk yang terbaik dan berkualitas dengan maksud agar ‘selamat’ dari ancaman seleksi alam.

Namun sebagian dari kita tidak menyadari bahwa setiap manusia (pelaku usaha ataupun bukan) sebenarnya merupakan sebuah organisasi / institusi / perusahaan / industri yang juga melakukan fungsi fungsi organisasi. Tujuan dari dilakukannya fungsi fungsi tersebut adalah agar diri kita mempunyai added value / bargaining power yang dapat kita ‘jual’ dan kita ‘pasarkan’ kepada orang lain.
Oleh karena itu, sebagaimana organisasi usaha / bisnis, kita seharusnya melakukan hal yang sama yaitu dengan meningkatkan valensi diri kita.

Sebagaimana penggalan kalimat disampaikan oleh Hermawan Kertajaya ketika menjadi pembicara pada Pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru ITS di Graha ITS yaitu pada intinya diri kita merupakan institusi bisnis yang berupaya meningkatkan hard dan soft skill kita sehingga dapat ‘dipasarkan’ dan bersaing di dunia kerja.
Apabila kita mempunyai kemampuan menjadi programmer handal, kita dapat menjual skill kita kepada perusahaan yang membutuhkan program untuk perusahaannya. Apabila kita mempunyai kemampuan dalam manajemen, kita dapat berkompetisi untuk menduduki posisi manajer pada sebuah perusahaan yang bonafit. Dan pada saat itu, posisi kita adalah sebagai manajer bahkan CEO dari perusahaan kita sendiri yaitu “Me Incorp”.


Sebuah organisasi usaha / bisnis yang berkualitas dipenuhi oleh sekumpulan sumber daya insani yang berkualitas pula. Dalam artian organisasi bisnis merupakan kumpulan dari “Me Incorp.” yang handal . Untuk itu sebelum sebuah organisasi usaha / bisnis menjual produknya, terlebih dahulu usaha tersebut menjual sumber daya insaninya. Misalnya, kemampuan untuk merencanakan, memproduksi, memasarkan hingga pengembangan hingga produk yang dihasilkan dapat bersaing dengan yang lain.

Ditulis pada 28/05/2007
Jika terdapat artikel serupa sebelumnya, mohon kirim ke smiley_ooi@yahoo.com untuk evaluasi. karena kami masih belajar menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *