Sistem Monitoring Traffic Packet Internet Melalui SMS Berbasis Simple Network Management Protocol

Abstrak

Pada Proyek ini dibuat software untuk memonitor traffic packet internet. Data traffic tersebut ditampilkan melalui SMS (Short Message Service) yang berisi informasi paket internet yang masuk dan keluar jaringan.
Dalam menyelesaikannya, digunakan agen SNMP (Simple Network Management Protocol) yang menyediakan data dalam MIB (Management Information Base) dan manajer SNMP untuk menanyai agen SNMP tentang informasi paket internet. Kemudian data diolah dengan PHP dan disimpan dalam database. Program SMS dibangun dengan Bash Script dan memanfaatkan SMS Server Tools sebagai SMS Gateway.
Dengan sistem monitoring traffic packet internet melalui SMS berbasis SNMP ini diharapkan suatu jaringan dapat dimonitor oleh administrator dari manapun dan kapanpun.
Kata kunci: SNMP, MIB, SMS, SMS Gateway

Latar Belakang
Manajemen jaringan sangat diperlukan apabila jumlah jaringan dalam sebuah organisasi semakin besar dengan perangkat yang semakin banyak dan berbeda-beda dari berbagai vendor. Jaringan Internet terdiri dari atas stasiun manajemen yang berkomunikasi dengan elemen-elemen jaringan

Untuk menjalankan aktivitas monitoring tersebut antar administrator dan elemen-elemen jaringan yang dimonitor harus ada komunikasi. Dalam hal ini ada dua macam komunkasi. Pertama, administrator yang bertanya kepada elemen jaringan. Kedua, elemen jaringan akan memberitahu administrator tentang informasi paket internet yang masuk atau akan memberitahu adanya kejadian penting. Selanjutnya stasiun manajemen akan menampilkan status interface tersebut di layarnya. Dengan cara seperti ini seorang administrator jaringan dapat segera mengetahui kondisi dalam suatu jaringan, salah satunya adalah jumlah traffic paket internet.

Untuk menangani manajemen jaringan digunakan suatu protocol aplikasi dari TCP/IP yaitu SNMP (Simple Network Management Protocol). Dalam hal ini, network management (manajemen jaringan) berarti pengumpulan, analisis dan pelaporan data mengenai performa dari komponen-komponen jaringan. Data yang dapat dikumpulkan oleh SNMP misalnya statistik unjuk kerja dan laporan rutin lain, juga peringatan yang berisi laporan tentang masalah jaringan yang mungkin akan terjadi atau yang sudah terjadi.

SMS atau Short Message Services merupakan salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan sekarang ini karena murah dan prosesnya cepat, langsung kepada tujuan. SMS merupakan salah satu fitur dari GSM. Keberadaan jasa dan industri yang menggunakan SMS semakin lama semakin banyak dijumpai.
Seiring mobilitas administrator suatu jaringan internet yang semakin tinggi dengan didukung adanya teknologi SNMP dan SMS maka dapat dibangun suatu sistem yang dapat memonitor jaringan internet dari jarak jauh dengan memadukan dua teknologi tersebut. Sehingga pada proyek ini kami ingin memanfaatkan teknologi SMS untuk memonitor traffic packet internet pada suatu jaringan internet di PENS-ITS.

Firman Arifin , Nanang Syahroni, Adi Prayitno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *