Pengembangan Algoritma K-Modes pada Penentuan Titik Pusat Awal untuk Mengelompokkan Penyakit pada Kacang

Algoritma klasterisasi k-means didesain hanya untuk bekerja pada data berjenis numerik. Dilain pihak algoritma k-modes dikembangkan berdasarkan pada paradigma algoritma k-means agar dapat digunakan untuk mengklaster data kategorikal dengan menggunakan ukuran keserupaan yang didasarkan pada metode frekuensi kemunculan suatu nilai dalam suatu atribut untuk memutakhirkan titik pusat klaster.


Kebanyakan algoritma k-modes yang dipublikasikan pada saat ini menentukan titik pusat awal dengan cara random. Pemilihan titik pusat yang berbeda dapat menghasilkan klaster yang berbeda sehingga hasil klaster tidak stabil. Dalam penelitian ini dikembangkan algoritma k-modes dengan menggunakan algoritma klasterisasi hirarki yang diaplikasikan pada data sub-sampel untuk menghasilkan titik pusat awal yang baik.

Algoritma ini, yang selanjutnya disebut dengan algoritma penentuan titik pusat awal berbasis hirarki (HPR), digunakan untuk mengelompokkan penyakit pada kacang kedelai yang datanya direpresentasikan dalam domain kategorikal. Data sub-sampel yang dibentuk dengan proses reduksi data menjadi masukan bagi algoritma klasterisasi hirarki.

Selanjutnya sejumlah titik pusat yang dihasilkan oleh klasterisasi hirarki dijadikan sebagai masukan titik pusat awal bagi algoritma k-modes. Hasil uji coba menunjukkan bahwa algoritma penentuan titik pusat awal berbasis hirarki mampu menghasilkan hasil klaster yang lebih baik dan stabil pada kasus pengelompokan penyakit pada kacang kedelai bila dibandingkan dengan algoritma klasterisasi yang penentuan titik pusat awalnya dilakukan secara random.


Selain itu, hasil uji coba juga menunjukkan bahwa hasil klaster dari proses klasterisasi yang melibatkan proses reduksi data mempunyai tingkat akurasi yang sama jika dibandingkan dengan hasil klaster dari proses klasterisasi yang tidak melibatkan proses reduksi data.

http://www.ies.eepis-its.edu/prosiding/abstrakdetail.php?id=356

IES Tahun : 2006
Authors : Tita Karlita, Afrida Helen, Firman Arifin
Kategori : COMPUTATION & INFORMATION SYSTEM
Institusi : Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Judul : Pengembangan Algoritma K-Modes pada Penentuan Titik Pusat Awal untuk Mengelompokkan Penyakit pada Kacang Kedelai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *