DISAIN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK SMS MAIL GATEWAY

PUSTAKA IPTEK

Jurnal Saint dan Teknologi BPPT
VI.IA.02

JUDUL : DISAIN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK SMS MAIL GATEWAY

PENGARANG : Khamami Herusantoso, Firman Arifin

Abstract
Layanan SMS (Short Message Service) merupakan salah satu jenis layanan teknologi nirkabel yang populer. Pengintegrasian layanan ini dengan layanan e-mail akan menjadikan pesan dapat diterima kapan saja dan dimana saja. Pengembangan perangkat lunak SMS Mail Gateway ini dimaksudkan untuk memadukan SMS dengan e-mail, sehingga pesan yang disampaikan dari e-mail dapat diterima sebagai SMS dan sebaliknya, pesan SMS dapat diterima juga sebagai e-mail..

Kata Kunci : SMS, E-mail, GSM Module, SMS Mail Gateway

SUMBER :
Prosiding Seminar Teknologi untuk Negeri 2003, Vol. I, hal. 5 – 10 /HUMAS-BPPT/ANY

PENDAHULUAN

Layanan Pesan Singkat atau lebih dikenal dengan SMS (Short Messaging Service) memungkinkan pengguna HP (handphone) untuk mengirim dan menerima pesan singkat berupa text dengan menggunakan handsetnya. SMS muncul pertama kali pada tahun 1991 di Eropa. Standar Eropa untuk komunikasi nirkabel yang sekarang dikenal dengan nama GSM (Global Standard for Mobiles) memasukkan SMS sebagai salah satu layanannya.

Layanan point-to-point SMS memberikan suatu mekanisme untuk mengirimkan pesan singkat langsung ke dan dari handsetnya. Layanan ini menggunakan sebuah SMSC (Short Message Service Center) yang berfungsi sebagai system “store and forward” untuk pesan singkat itu. Jaringan nirkabel digunakan untuk pengiriman pesan singkat antara SMSC dan handset. Kelebihannya dibandingkan layanan pager adalah bahwa semua elemen didisain untuk dapat menjamin sampainya pesan ke tujuan.

Karakteristik yang membedakan dari layanan ini adalah bahwa sebuah handset yang sedang aktif dapat menerima atau mengirim pesan singkat kapan saja tidak tergantung dari apakah sedang terjadi panggilan baik berupa suara ataupun text. SMS juga menjamin sampainya pesan itu oleh jaringan. Kegagalan sementara dapat dideteksi dan pesan singkat itu disimpan di jaringan hingga nomor tujuan dapat diakses kembali.

Disisi lain ada teknologi internet, jaringan komputer global. Atau jaringan komputer yang super raksasa, karena menghubungkan komputer sedunia tanpa batasan kota dan negara.

Kalau bicara internet, maka tidak dapat dilepaskan dengan e-mail (surat elektronik). Dengan email ini kita dapat berkirim surat kepada keluarga dan kolega. Surat elektronik ini sangat cepat sampai di sipenerima. Bukan lagi ukuran hari, jam atau menit, tapi bisa detik. Karena inilah e-mail juga sangat dibutuhkan para profesional di bidangnya masing-masing.

Kedua teknologi diatas, ternyata masih mempunyai kelemahan-kelemahan. Diantara kelemahannya HP adalah dia tidak dapat berfungsi jika berada di luar area operator GSMnya. Kalau sudah berada di luar area atau jangkauan maka komunikasi suara atau SMS (short message service) tidak dapat berfungsi. Sedangkan kelemahan teknologi e-mail, adalah kita tidak tahu secara real time seperti HP dengan SMSnya jika ada berita (surat) di inbox kita. Jadi kalau ingin mengetahui bahwa ada e-mail atau tidak maka kita harus mengeceknya.

PENUTUP

Perangkat lunak SMS Mail Gateway ini dapat mengintegrasikan layanan SMS dengan layanan e-mail. Pesan SMS akan dapat dengan mudah diterima sebagai e-mail dan sebaliknya pesan e-mail dapat diterima sebagai SMS.

Pengiriman e-mail dapat dilakukan dengan SMS dan juga sebaliknya pengiriman SMS dapat dilakukan dengan media e-mail.

http://www.iptek.net.id/ind/?ch=jsti&id=76

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *